Follow Us @soratemplates

Monday, November 12, 2018

VARISES

Apa itu varises?

Varises adalah pembuluh darah vena yang membengkak dan tampak dekat dari permukaan kulit. Pembuluh vena membawa darah dengan rendah oksigen dari sel dan jaringan kembali ke jantung, di mana darah bisa kembali mendapatkan oksigen.

Seberapa umumkah varises?

Varises adalah penyakit umum yang menjangkiti 30% orang dewasa. Orang lanjut usia, wanita, orang yang kelebihan berat badan, dan yang harus berdiri dalam waktu lama memiliki risiko varises lebih tinggi.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala varises?

Gejalanya dapat berupa:
  • Nyeri kaki atau kaki terasa berat, khususnya setelah berdiri atau duduk dalam waktu yang lama
  • Vena terlihat menonjol dan membengkak sepanjang paha, mata kaki, atau lutut
  • Kulit kering dan gatal. Perubahan warna, kulit yang lebih tipis, ulkus dan infeksi jaringan lunak (selulitis) dapat terjadi di dekat mata kaki
Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Bagi banyak orang, varises lebih menjadi masalah kosmetik. Tapi bagi sebagian orang lainnya, penyakit ini menyebabkan gejala dan masalah yang serius. Jika Anda cemas mengenai kondisi kesehatan Anda atau pengobatan di rumah tidak efektif, Anda harus pergi ke dokter atau rumah sakit untuk diperiksa.
Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab varises?

Varises disebabkan karena katup vena melemah dan tidak mampu menahan akumulasi darah. Penyakit ini tidak menular ataupun diturunkan namun varises biasanya terjadi dalam satu keluarga.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk varises?

Ada banyak faktor risiko untuk varises, yaitu:
  • Usia: Risiko varises meningkat dengan bertambahnya usia karena pembuluh darah dan katup pembuluh darah memburuk secara bertahap
  • Jenis kelamin: wanita yang mengalami perubahan hormonal akibat hamil, wanita dalam terapi hormon dan pil pengontrol kehamilan, wanita yang sedang menstruasi atau menopause
  • Riwayat keluarga: Anda memiliki keluarga yang menderita varises
  • Obesitas: tekanan darah tinggi dan aterosklerosis yang disebabkan berat badan berlebih tidak hanya menyebabkan varises tetapi juga meningkatkan risiko penyakit jantung
  • Duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.
Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak dapat menderita varises.  Faktor ini hanyalah referensi saja. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk varises?

Pilihan terapi varises memiliki 3 metode utama:
  • Menggunakan stoking medis untuk varises
  • Sclerotherapy: dokter menyuntikkan cairan ke varises. Cairan ini menyebabkan vena menjadi kisut dan memperbaiki aliran darah menjadi lebih baik
  • Pembedahan: operasi varises biasanya operasi minor
Pembuluh darah diangkat atau dijepit untuk menghentikan aliran darah. Ada banyak cara pembedahan seperti operasi laser, terapi ablasi dan laparoskopi.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk varises

Dokter mendiagnosis dari pemeriksaan pada kaki dan gejala yang muncul. Jika diagnosis belum jelas, dokter akan melakukan pemeriksaan ultrasound untuk melihat gambaran vena dan menyingkirkan penyakit lain.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi varises?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi varises:
  • Olahraga (berjalan) secara teratur dan turunkan berat badan
  • Naikkan kaki Anda saat duduk dan hindari berdiri terlalu lama
  • Gunakan stoking medis setiap hari
  • Hubungi dokter Anda jika varises menyebabkan nyeri, kerusakan kulit, sariawan, atau jika varises Anda berdarah
  • Hubungi dokter Anda jika varises berada di dekat tempat tumor dan sangat nyeri bila disentuh. Keadaan ini dapat berupa trombosis yang berbahaya (flebitis)
https://hellosehat.com/penyakit/varises/

No comments:

Post a Comment